Menikmati Kuliner Malam di Ayam Goreng Pasundan Lembang

Ayam kukus pasundang Lembang

Setiap kali berkunjung ke daerah Lembang, kami pasti selalu mampir untuk makan malam di Ayam Pasundan Lembang. Salah satu kuliner yang wajib dikunjungi kalau ke Lembang.

Sebenarnya G itu paling malas kalau diajak pergi ke Lembang karena jalanannya yang selalu macet setiap weekend.

Kami baru terbiasa pergi ke Lembang saat pandemi, ketika Bandung lagi sepi-sepinya sama pengunjung dari luar kota. Sejak saat itu, hampir setiap kali kami jalan-jalan tanpa tujuan, pasti selalu pergi ke Lembang.

Kami selalu pergi ke daerah alun-alun Lembang, biasanya suka beli martabak Bombay atau makan cilok kuah di Warung Abah. Tapi semenjak kenal Ayam Goreng Pasundan, kami selalu menyempatkan makan di sini.

Ayam Goreng Pasundan Lembang 

ayam goreng pasundan lembang

Ayam Goreng Pasundan menjadi salah satu pilihan kuliner favorit di Lembang. Seperti namanya warung makan ini menjual hidangan ayam sebagai menu utamanya. 

Yang membuat Ayam Goreng Pasundan Lembang ini istimewa adalah ayamnya yang dapat disajikan dengan cara digoreng atau dikukus.

Jarang-jarang nih ada warung makan yang menyediakan ayam kukus di menunya.

Baca juga:

Bebek Ali Borme, Kuliner Bandung Yang Wajib Kamu Coba!

Soto Betawi Bang Udin Cibubur, Kuliner Khas Jakarta

Menu Ayam Goreng Pasundan Lembang

Menu Ayam Goreng Pasundan Lembang
Menu Ayam Goreng Pasundan Lembang

Selain terkenal dengan menu ayamnya, Ayam Goreng Pasundan juga memiliki menu pendamping lain seperti usus goreng, ati ampela, kulit, tahu dan tempe.

Karena ayam goreng sudah terlalu biasa, akhirnya kami memesan ayam kukus setiap kali kami berkunjung ke sini.

Ayam Kukus Pasundan

Ayam Kukus Pasundan
Ayam Kukus Pasundan

Ayam kukus yang disediakan oleh Ayam Pasundan basicnya masih sama dengan ayam goreng. Menggunakan ayam pejantan yang sudah dibumbui dengan bumbu kuning.

Ayam tersebut kemudian dikukus bersama dengan jahe dan bawang putih cincang serta penyedap. Saat disajikan, harum ayam kukusnya langsung menggugah selera.

Ayam kukus dan tahu kukus
Ayam dan tahu kukus

Daging ayam pejantan yang gurih, dicampur dengan kuah dengan aroma jahe dan bawang putih bikin citarasa ayam kukus ini semakin nikmat banget. Ayam Kukus Pasundan Lembang ini jadi salah satu comfort food buatku.

Usus dan Ati Ampela Goreng

Usus dan Ati Ampela Goreng
Usus dan Ati Ampela Goreng

Menu ususnya dapat dipesan mulai dari ½ porsi yang dapat dimakan untuk dua orang. Untuk ati ampelanya rasanya standar seperti ati ampela goreng pada umumnya ya. 

Oiya, standar usus dan ati ampela goreng di sini tuh digoreng kering banget, kalau mau tidak terlalu kering bisa bilang ya!

Tahu Kukus

tahu kukus
Tahu kukus Ayam Pasundan Lembang

Selain ayam kukus, kamu juga wajib banget cobain menu tahu kukusnya. Tahu Bandung tuh terkenal banget dengan cita rasanya yang gurih dan lembut. Apalagi tahu Lembang, biasanya suka diberi campuran susu yang membuat tekstur tahu semakin lembut.

Tahu kukus di ayam Pasundan ini disajikan dengan kuah jahe dan bawang putih cincang. Mirip seperti ayam kukusnya.

Untuk rasanya gak usah ditanya deh, perpaduan tahu yang lembut dengan kuah yang gurih bikin gak mau berhenti ngunyah. Bahkan kami aja sampai menambah tahu kukus ini sampai 3 kali, saking enaknya.

Note! 

Pelengkap makan ayam kukus pasundan
Pelengkap makan ayam kukus Pasundan Lembang

Setiap menu yang dipesan akan disajikan bersama dengan lalapan super fresh sepiring penuh, dua jenis sambal (sambal terasi dan sambal pedas), nasi sebakul dan air teh hangat free refil.

sambal terasi dan sambal pedas
Sambal terasi dan sambal pedas

Ciri khas warung makan sunda, selalu dibikin kenyang sama lalapan, sambal dan nasi sebakul.

Baca juga:

Menikmati Hidangan Padang Restoran Trio dari Bogor

Pengalaman Menginap Di Hotel Jayakarta Bandung

Harga Ayam Goreng Pasundan

Harga menu Ayam Pasundan mulai dari Rp20.000 per potongnya. Kalian juga bisa beli ukuran 1 ekor dengan harga Rp80.000.

Harga Ayam Goreng Pasundan
Harga Ayam Goreng Pasundan

Untuk usus goreng harganya Rp10.000 untuk ½ porsi, ati ampela Rp3.000/tusuk,  tahu dan tempe Rp2.000/buah, nasi Rp5.000/porsi (tapi dapatnya satu bakul).

Lokasi Ayam Pasundan Lembang

Lokasi Ayam Pasundan Lembang
Lokasi Ayam Pasundan Lembang

Ayam Pasundan Lembang berlokasi di Jl. Raya Lembang No.300, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. 

Tepatnya berada di sebelah kanan jalan, seberang Lawson, depan toko mas Murni Lembang. Buka setiap hari mulai dari pukul 15.00-23.00.

Aman banget deh buat kalian yang suka kulineran malam-malam ke Lembang.

Penutup

Ayam kukus pasundang Lembang
Menu ayam kukus Pasundan Lembang

Ayam kukus di Ayam Goreng Pasundan Lembang ini jadi salah satu comfort food buatku. Kayaknya nih kalau lokasinya dekat rumah aku bisa makan ayam kukusnya setiap hari karena seenak itu!

Buat kalian yang lagi main ke Lembang, wajib banget pokoknya buat mampir cobain ayam kukus dengan citarasa khas sunda ini. Highly recommended buat kalian yang lagi bosen makan ayam goreng.

ttd abira journal

18 Comments

  1. Wah buat ayam seenak ini, harga 80k buat satu ekor mah gasss nih buat aku. Ayam pejantan emang enak sih ya dagingnya. Saya klo lebaran beli ayam jenis ini juga buat digoreng

  2. Keliatannya enak sekali. Mantap reviewnya. Kalo ke Lembang mampir lah yak..

  3. Ya Allah bacanya sambil ngiler dan laper. Ayam goreng plus sambel menggoda beneerr. Tapi penasaran mencoba ayam kukusnya. Baique akan kucatat sebagai destinasi kalo MainJalan ke Lembang lagi. ke sana bareng yukk Kak 🙂

  4. Ya Allah bacanya sambil ngiler dan laper. Ayam goreng plus sambal sungguhlah menggodaku. Tapiii penasaran sama ayam kukusnya. Oke baique mari kita ke sana hehe

  5. Ya Allah bacanya sambil ngiler dan laper. Ayam goreng dan sambalnya sungguhlah menggoda. Tapi penasaran sama ayam kukusnya. Bolehlah yaa nih kita gas 🙂

  6. Ya Allah bacanya sambil ngiler dan laper. Ayam goreng dan sambalnya sunggulah menggoda. Tapii penasaran sama ayam kukusnya. Okelah mari kita cuss. Temenin yuk Kak 🙂

  7. Harganya lumayan ya, kak. Kalo di sini ayam 13 rb an/potong. Tapi belum termasuk nasi sama esnya. Wah, kalo makan bareng2 mending beli yang 1 ekor sekalian ya, biar puas makan ramean.

    Di warung sunda paling enak makan nasi, lauk sama sambel dan tehnya selalu tawar (bukan manis) jadi lebih sedep

  8. Ayam goreng itu salah satu comfort food banget yaa.. apalagi kalau sambelnya mantap, auto nambah deh… Lalapan segar khas tanah pasundan itu lho yang gak boleh kelewatan

  9. awal lihat agak kurang sreg yah sama ayamnya ternyata itu ayam kukus, tapi setelah baca-baca malah jadi penasaran buat coba deh kak seperti apa rasanya kepo banget sm ayam kukusnya itu

  10. Wah ini tampak sangat menggoda
    Ayam kukus ya
    Dijamin pasti lebih sehat ya kak

  11. Aku penasaran banget dengan ayam kukusnya. Emang jarang banget warung Sunda yang menyediakan ayam dengan cara dikukus. Soal harga juga masih terjangkau 20rb/potong.

  12. Ayam kukus itu seperti ayam ungkep yang kemudian dikukus? Hmm…bulan puasa malah lihat begini pengen buka puasa di Lembang. Lalapannya juga menggoda eh, memang paling enak makan ayam dengan lalapan

  13. Menarik juga kulineran di Lembang. Ada tahu dan ayam kukus, perlu dicoba berkunjung ke Ayam Goreng Pasundan Lembang.

  14. Menarik kulineran di Lembang. Ada tahu dan ayam kukus, perlu dicoba berkunjung ke Ayam Goreng Pasundan Lembang.

  15. Wah ayam kukus? Bentuknya mirip ayam ungkep yah. Apa setelah diungkep kemudian dikukus dengan jahe dan bawang putih? Makin berasa rempahnya.

  16. Unik banget, ada menu kukusnya, ayam dan tahu. Kebayang tahu Bandungnya, Kak, pasti enak banget. Pas lihat lalapannya bisa sebanyak itu, lengkap, trus kayak ada daun perila juga kah itu? Daun yang lebar, yang bukan selada air dan kemangi. Puas banget ^^

  17. Duhh, baca ini pas puasa bener2 menggoda. Mana harga ayam 1 potongnya murmer pula, sambelnya baru dilihat aja bisa dipastikan bikin khilaf. Auto mupeng, mbaa

  18. Ayam goreng Pasundan ini pasti enak banget ya kak. Apalagi di daerah Bandung menambah suasana enaknya ayam. Semoga ada kesempatan lagi bisa main ke Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *