Soto Tauto Bang Dul, Kuliner khas Pekalongan!

soto tauto bang dul pekalongan

Setiap kali melakukan perjalanan ke Joglosemar (Jogjakarta, Solo, Semarang), sudah dapat dipastikan kami akan mampir untuk makan Soto Tauto Bang Dul di Pekalongan. 

Pertama kali kami makan soto ini pada tahun 2020, itu adalah tahun pertama kami roadtrip jauh bertiga. Sejak saat itu, Soto Tauto menjadi menu wajib yang tidak boleh terlewatkan saat melintasi Pekalongan.

Bahkan saat kami bepergian lewat tol-pun, kami wajib keluar di Pekalongan untuk menikmati makanan satu ini. Benar-benar seperti ketagihan!

Karena perjalanan terakhir kami ke Solo lewat Pantura dari Cirebon, kami tiba di rumah makan Soto Tauto Bang Dul ini saat jam makan siang. Kayaknya ini pertama kalinya kami makan saat musim libur lebaran dan pas jam makan siang, karena benar-benar ramai luar biasa.

Soto Tauto Bang Dul Pekalongan

Rumah makan Soto Tauto Bang Dul Pekalongan ini sangat sederhana. Waktu pertama kali kami makan di sini, tempatnya belum terlalu luas. Mungkin efek pandemi kali ya, jadi tempatnya tidak ramai dan yang dibuka hanya sebagian ruangan saja.

Saat kami mampir untuk yang kedua kalinya, ternyata ruangan yang dibuka untuk tempat makan semakin luas. Sepertinya karena sudah banyak orang-orang yang mulai liburan dan mampir makan di sini jadi tempatnya semakin hidup.

Untuk toiletnya juga semakin bagus dan bersih.

Kami sangat suka makan di sini, karena lokasinya yang sangat strategis, dekat dengan jalur tol. Mungkin warga Pekalongan bisa memberikan rekomendasi soto tauto lain yang enak di Pekalongan, tapi bagi kami, turis yang cuma transit di Pekalongan, Soto Tauto Bang Dul ini strategis banget!

Mungkin dilain kesempatan aku mau coba keliling Pekalongan, kayaknya bakalan seru! Karena selain ke Soto Tauto Bang Dul, kami juga pernah ke pabrik oriental limun.

Baca juga:

Menikmati Seporsi Soto Enak di RM Soto Sedap Pantura

RaiMen Niseko Foam Ramen Gading Serpong

Review Soto Tauto Bang Dul

Waktu pertama kali coba soto tauto, kami sempat bingung ini tuh makanan apa? Ternyata soto tauto adalah soto yang disajikan dengan kuah yang dicampur tauco. Ini adalah makanan khas Kabupaten Pekalongan yang berasal dari perpaduan kuliner Tiongkok dan India.

Mungkin tauco ini bukan makanan untuk semua orang ya, karena rasa dan aromanya yang khas, tidak semua lidah bisa menikmatinya.

Soto tauto ini punya citarasa yang gurih dan sedikit asam, sepertinya ini rasa dari hasil fermentasi tauco. Aromanya yang tajam dan khas membuat hidangan satu ini jadi makanan unik yang wajib kamu coba sekali seumur hidup.

Kuah dari soto tauto ini berwarna gelap, dicampur dengan bumbu tauco diatasnya, untuk isian terdapat potongan daging sapi yang besar-besar dan banyak, dilengkapi dengan soun, toge dan daun bawang yang banyak. Rasanya seger banget!

Oiya, kalau kalian tidak suka dengan rasa soto tauto, kalian bisa request soto beningnya. Untuk base kuahnya masih sama, yang membedakan hanya tidak diberi bumbu tauco di atasnya.

Selain soto, di meja juga disediakan makanan pelengkap seperti gorengan dan telur asin yang bisa disantap bersama dengan soto tauto.

Harga Soto Tauto Bang Dul

Untuk satu porsi soto daging tauto bang dul ini dihargai Rp32.000 belum termasuk nasi. Untuk nasi harganya Rp5.000, es jeruk/es teh manis harganya Rp5.000, untuk gorengan kami lupa tanya harganya berapa. Hehe.

Dengan porsi sebanyak itu, menurut kalian harganya worth it gak sih?

Lokasi Soto Tauto Bang Dul

Kami selalu berkunjung ke Soto Tauto Bang Dul Pekalongan pusat yang berlokasi di Jl. Dr. Sutomo, Sukorejo, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51121. Telepon: 0856-4273-6336.

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, lokasi soto tauto pusat ini sangat strategis dan mudah dijangkau baik bagi turis yang melakukan perjalanan lewat tol maupun lewat jalur Pantura.

Penutup

Bagi teman-teman yang suka melakukan perjalanan darat (roadtrip) seperti kami, jangan lupa untuk mencicipi soto tauto di Pekalongan yaa! Karena rasanya yang unik dan enak banget, cocok untuk memulihkan tenaga sebelum melanjutkan perjalanan.

Perjalanan kami liburan ke Yogyakarta, Solo dan Semarang dari Bandung akan selalu menyenangkan karena kami bisa menikmati berbagai macam kuliner di perjalanan. Jangan bosen yaa karena perjalanan liburan kami masih panjang!

Selamat membaca!

ttd abira journal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *